Dalam rangka menjaga keutuhan NEGARA adalah merupakan tugas TNI, sedangkan untuk menjaga keamanan dan ketertiban bangsa dan negara secara umum dilakukan oleh Polri, akan tetapi di lingkungan masyarakat kecil dalam tingkatan RT / RW. Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) merupakan salah satu usaha dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban dalam masyarakat setempat.
Kesadaran masyarakat dalam berpartisipasi bidang keamanan dan ketertiban, merupakan potensi pengamanan swakarsa yang perlu dilestarikan dan ditingkatkan guna menumbuhn kembangkan sikap mental, kepekaan dan daya tanggap setiap warga masyarakat dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban disetiap dilingkungannya masing-masing.
di Desa Blimbinggede Siskamling Kembali di gencarkan, hal ini terinteraksi dengan program desa yaitu jimpitan desa.
dalam jimpitan desa warga akan berpatroli sekaligus mengambil jimpitan.
antusiasme warga desa tergambarkan dengan banyaknya pos ronda murni dari swadaya masyarakat.manfaat siskamling sangat banyak sekali :

1. Menjaga keamanan dari pencurian, perampokan, maupun pelanggaran lain yang melanggar norma-norma hukum, norma susila, maupun norma-norma yang berlaku di masyarakat.

2. Sebagai upaya antisipasi dalam penanganan masalah yang ditimbulkan karena adanya gangguan keamanan masyarakat, musibah, dan bencana alam.

3. Sebagai sarana mempererat tali silaturahmi antar masyarakat, karena seluruh bagian dari masyarakat setempat akan diikutsertakan dalam jadwal roda siskamling dengan penjadwalan / piket.

4. Berkelanjutannya program jimpitan desa Yang tujuan utama untuk sosial kemasyarakatan

semoga usaha kita bersama dalam menjalankan tugas bersama mendapat ridho dan petunjuk dari tuhan semesta alam amin…
sedikit hasil jepretan dari segenap warga
RT 04

RT 01

263total visits,1visits today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *