[vc_row][vc_column][vc_column_text css=”.vc_custom_1525576294978{border-radius: 5px !important;}”]

SATLINMAS DENGAN KEWIBAWAANNYA SANGAT GAGAH SEBAGAI UJUNG TOMBAK KEAMANAN DESA
“Sesuai permendagri 84 tahun 2014, Pasal 19, dijelaskan bahwa, Anggota Satlinmas, mempunyai hak mendapatkan pendidikan dan pelatihan, mendapatkan kartu tanda anggota Satlinmas, mendapatkan fasilitas, sarana dan prasarana penunjang tugas operasional, mendapatkan biaya operasional dalam menunjang pelaksanaan tugas, mendapatkan santunan apabila terjadi kecelakaan tugas, mendapatkan piagam penghargaan bagi yang telah mengabdi selama 10 (sepuluh) tahun dari Bupati/Walikota, 20 (dua puluh) tahun dari Gubernur, dan 30 (tiga puluh) tahun dari Menteri Dalam Negeri, dan mengikuti kegiatan yang berhubungan dengan tugas. Untuk itu diharapkan pembiayaan sepenuhnya dilakukan oleh pemerintah kabupaten atau kota dan pemerintah desa,”
TUGAS DAN FUNGSI PERLINDUNGAN MASYARAKAT (LINMAS)
TUGAS
Satuan Perlindungan Masyarakat mempunyai tugas melaksanakan kegiatan perlindungan masyarakat dalam rangka penanggulangan dan penanganan pengungsi, membantu aparat pemerintah dalam memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, serta membantu kegiatan sosial kemasyarakatan di desa / kelurahan.

FUNGSI
Membantu memelihara dan meningkatkan kondisi dan tata tertib dikalangan masyarakat.
Membantu masyarakat menanggulangi dan mengurangi akibat yang ditimbulkan oleh gangguan keamanan dan bencana alam yang dapat mengakibatkan kerugian jiwa dan harta benda.
Membantu membina masyarakat untuk mempertinggikan kesadaran hukum, daya tahan serta daya lawan masyarakat dalam mencegah dan menghadapi segala macam pelanggaran dan kejahatan.
Perbantuan kepada Pemerintah Daerah, Kepolsian dalam memelihara ketentraman dan ketertiban umum.
Perbantuan kepada TNI dalam upaya pertahanan Negara.
Perbantuan dalam kegiatan sosial kemasyarakatan di Desa / Kelurahan.

PENYELENGGARAAN PERLINDUNGAN MASYARAKAT
Prinsip Penyelenggaraan :

Linmas merupakan wujud tanggung jawab dan peran serta segenap warga negara terhadap keselamatan umum masyarakat lingkungannya.
Sat LINMAS merupakan kekuatan utama dalam upaya perlindungan masyarakat pada saat terjadi bencana, pengungsian, kamtibmas dan sosial kemasyarakatan.
Pengelolaan LINMAS adalah tanggung jawab Negara di Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.
Sat Linmas dalam keadaan tidak terjadi bencana, dapat diberikan tugas membantu aparat pemerintah dalam memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban umum, serta kegiatan sosial kemasyarakatan di desa / kelurahan termasuk juga ketika pelaksanaan pemilu

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_single_image image=”312″ img_size=”large” add_caption=”yes” alignment=”center” style=”vc_box_shadow_3d”][/vc_column][/vc_row]

494total visits,1visits today